ditulis pada 12 Maret 2012
di Komunitas Pecinta Keroncong (KPK) Bali
Oleh : Johannes Sahetapy -
Alm :Ahmad Soenardi
Ahmad orang yg berjasa dalam menyusun konsep kroncong..
Bila sampai saat ini< lagu-lagu Pop telah mengorbit pada puncaknya.
Namun musik KRONCONG adalah musik nusantara milik bangsa.
bentuk iramanya tidak ada dinegara lain.
bila ada dinegara lain spt Malaysia dan Singapura, itu adalah dibawa oleh bangsa Indonesia
dan dikembangkan. kini setiap tahun RRI dan TVRI memfestifalkan lagu kroncong.diselaraskan tegaknya disedeer4etan lagu-lagu seriosa,lagu klasik dlm vocal yg iramanya telah menjadi milik dunia.
Kita hrs berbangga dengan kehadiran lagu keroncong ini.
seperti orang Jerman dgn lagu-lagunya Strauss,Beethoven,Mozart dsb.
dan bangganya kita dgn musisi - musisis kita
seperti Gesang,Mardjo kahar,Ucin,Kusbini,Arimah dan Samsidi.
Mereka inilah penggali budaya bangsa dan berjasa dlm mengembangkan musik kroncong.
Konon dizaman penjajahan Belanda,lagu kroncong ini mendapat tempat dihati mereka,
hingga pemerintah Belanda waktu setiap tahunnya mengadakan konkoers kroncong.
yg penyanyi-penyanyinya yg dpt dikenal antara lain Any Landaw,Miss Urip,Miss Netty dan prianya Bram aceh,Abdullah Tan Ceng Bok dan banyak lagi lainnya.
Memang Musik adalah bahasa perasaan, bahasanya menyentuh gelora sanubari dlm irama-iramanya,
yg kadangkala membuat perasaan gembira dan melankolis,
membuka nostalgia ingatan.
dan sebenarnyalah,bhw musik itu sesuatu kebutuhan dan dicari,
dan benarlah dunia ini tanpa serasa mencekam.
Berbincang-bincang kita dgn tokoh musik kroncong AHMAD SOENARDI
tentang musik kroncong dan pendapatnya dalam perkembangannya dewasa ini.
Ia mengatakan byk orang mengatakan termasuk juga para cerdik pandai,
bahwa musik kroncong adalah musik import yg asal muasalnya dari Portugis.
BENAR ATAU TIDAK BELUM MENJADI KETENTUAN.
Memang masalah budaya ini agak peka sekali,
untuk itulah saya mencari kebenarannya itu.
Tatkala tgl 30 Oktober 1969,kurang lebih lima belas tahun yg lalu,
saya bertemu dengan CONSUL PORTUGAL Antonio Plato da Franca yg berkunjung didalam Hadiwijayan Solo. ada pembicaraan yg menarik satu hal yg menggelitik hati,
baiknya keterangan yg saya terima bahwa musik kroncong asalnya dari Portugis.
Kesempatan berbincang-bincang ini saya pergunakan untuk menanyakan hal tsb.
"APAKAH DI PORTUGAL ADA MUSIK KRONCONG"
apa jawaban Mr Antonio? TIDAK ADA,
jangan lagi yang berbentuk kroncong yang diperkirakan mirip kroncong saja tidak ada.
Wah, kalau begitu mengapa banyak pendapat mengatakan musik kroncong musik impor
yg dibawa oleh pelaut Portugis?
maka dapatlah ditarik kesimpulan,
bahwqa MUSIK KRONCONG BUKAN MUSIK IMPORT.
paling banter dia hanyalah musik adaptasi nenek moyang kita terhadap bau musik yg datang dari luar.
Musik dari segi warna musiknya atau juga pengaruh tekhnologi peralatan musik itu,
menurut Pak Ahmad perlu adanya suatu penanaman rasa Nasionalisme yang kuat bagi generasi kita sendiri.
Sebab Kroncong sudah terlanjur dimiliki bangsa kita.
Saya katakan demikian karena dalam syair-syair lagu kroncong terdapat pesan-pesan
yang dapat menggugah kita untuk lebih cinta tanah air.
Selain itu buat kroncong hanya terdapat di Indonesia.
Kini saya telah menyusun SUATU KONSEP KRONCONG YANG SEBENARNYA.
Kriteria musik kroncong harus kita tetapkan dengan jelas agar tidak terjadi kesalah pengertian dengan warna musik lainnya.
Antara lain musik kroncong 28 bar dan langgam 32 bar
dan dibagi lagi kroncong dalam beberapa kriteria yaitu :
Kroncong I : 14 Bar Kroncong II : 28 BarStambul I : 16 BarLanggam Kroncong: 32 Bar
Nanti akan Saya jelaskan selanjutnya mengenai kriteria Musik Kroncong.
Pembagian ini adalah perlu demi menjaga kelestarian Musik Kroncong tersebut
dan yang menebalkan keyakinan saya sebagai hasil karya asli Nenenk Moyang kita,
terdapatnya dalam memainkan alat musiknya.
Diantaranya memainkan Cello dengan petikan-petikan,
alat musik ini memang berasal dari luar negeri,
yang suaranya bagaikan kumbang dan bisa berubah iramanya seperti suara kendang yang bertalu-talu,dengan memainkannya dengan istilah musik secara Tamstik.
Permasalahan lain,mengapa musik ini bernama Kroncong?
ini dapat saya katakan , bahwa bagi bangsa Indonesia tentu mempunyai maksud dan tujuan.
Diberi nama "GONG" sebab apabila dipukul berbunyi "Gooooooong".
Disebut KNONG sebab apabila dipukul berbunyi "Knoooooooong".
Disebut "KRONCONG" karena ada suara CRONG-CRONG terus menerus.
Suara Crong ini dihasilkan oleh alat yang disebut UKULELE atau sering disebut"CUK" ATAU"KRUNG"
inilah bibit kamit musik Kroncong
Johannes Sahetapy
Lanjutan :
KRONCONG ADALAH MUSIK NUSANTARA
Ahmad Soenardi adalah orang yang berjasa dalam menyusun konsep Kroncong.
Kini musik kroncong tumbuh dan melaju kepada perkembangan musik masa kini.
Langgam Jawa merupakan anak kandung Kroncong hasil perkawinannya dengan irama daerah Jawa. Irama inilah kemudian yang mendominasi jagat musik Kroncong.
Peningkatan lainya adalah perluasan Rithme Kroncong oleh kelompok musik :
TETAP SEGAR pimpinan BrigJend PRINGADIE
dicoba memainkan irama Kroncong dengan alat musik elektronik.
Bahkan yang dimainkan bukan saja lagu-lagu Kroncong, Langgam dan Stambul.
Tetapi juga lagu-lagu Barat dengan irama Kroncong, yang disebut dengan Kroncong Beat.
Ternyata ini menimbulkan gairah tersendiri. Serta membuktikan bahwa irama Kroncong,
mampu untuk memanivestasikan lagu-lagu Barat dengan intim.
Demikian sekelumit pendapat dan tanggapan dalam perkembangan musik Kroncong dewasa ini dengan tokoh musik Kroncong AHMAD.
Pak Ahmad yang perawakannya tinggi semampai,
yang diwajahnya selalu terkesan optimismenya,
terlukis kegembiraan dan senyum awet muda dan selalu muda dalam penampilan.
Dan memang orangnya sedemikan rupa humor dan enerjik.
Umurnya yang mendekati umurnya Ronald Reagan President Amerika,
diawetkan oleh seni yang bergizi didalam tubuhnya.
Ahmad dilahirkan di Jakarta 15 Maret 1914,
Ahmad yang bernama lengkap Ahmad Soenardi telah mengenal musik semenjak berusia 12 tahun. Ditahun 1926, Ia pernah belajar Biola secara privat ,
dengan seorang guru musik berkebangsaan Jerman yang bernama Reineer.
Melihat bakat yang dimiliki Ahmad yang begitu besar,
menerapkan pula teori-teori musik yang sampai saat ini dapat dirasakan manfaatnya.
musik yang berkembang dijaman mudannya hanya Kroncong dan Hawaian.
Menurut pak Ahmad pada waktu itu musik hawaian maerupakn musik kaum elit,
sedangkan Kroncong sangat digemari oleh anak-anak militer yang saat itu terkenal dengan sebutan anak kolong.
Pak Ahmad yang dibesarkan dalam keluarga militer
mau tidak mau bergaul dengan musik Kroncong hinggga menjadi akrab.
Dalam masa kehidupan yang panjang lorong hidup yang beraneka rragam
ditempuhnya dengan penuh optimis. Ia bukan saja hanya bisa menggesek Biola,
namun dalam perjuangan piisik merebuut kemerdekaan dari penjajahan
Ia pun menceburkan diri sebagai prajurit dengan pangkat Sersan Mayor.
Ahmad menghabiskan tugas militernya setelah penyerahan kedaulatan diakhir tahun 1949.
Dalam pengabdiannya ini Ia telah dianugerahi bintang jasa antara lain:
Bintang Perang Kemerdekaan I dan Bintang Perang Kemerdekaan II dan Bintang yang tertinggi dalam perjuangan yaitu Bintang Gerilya.
Selepas dari tugas militer, kembali Ia menekuni Musik secara penuh terutama Musik Kroncong.
Tahun 1960 Ia telah berkesempatan melwat keluar negeri ke Malaysia
yang pada saat itu bernama Malaya.
Ia menyertai rombongan kesenian Indonesia yang disertai pula oleh Sam Saimun, Bing Slamet dan sederet artis ternama lainya.
Ditahun 1964, Pak Ahmad menyertai pula ronbongan kesenian Indonesia dalam perlawatannya ke Amerika.
Ia sempat pula melawat ke Washington DC, SanFransisco, Chicago, kemudian dilanjutkan perlawatannya ke Jepang,Bangkok,Hongkong, dan lainya sebelum pulang keTanah Air.
Sekembalinya Ia ketanah Air Ia bergabung dengan Orkes Simponi Jakarta juga menjadi anggota Ansamble Jakarta, anggota Orkes Telerama TVRI Stasiun Jakarta.
Terakhir ini Ia telah memimpin Orkes Kroncong GITA PUSAKA yang Ia dirikan pada Bulan Juli,
dan diUsianya yang ke 86 sampai 94 Ia adalah sebagai pembina,
Orkes Kroncong" KHARISMA INDONESIA JAKARTA".
Pak Ahmad dengan Orkes GITA PUSAKANYA
berlonjak dengan Aresemen Selera Kini yang dipadukan dengan Rhime-rhitme yang harmonis.
Ia tidak ragu-ragu memasukan unsur-unsur POP dalam Kroncong,
itu merupakan sebuah perkembangan lanjutan dari Kroncong itu sendiri.
Pada tanggal 2 May 1983,
pada Hari Pendidikan Nasional Pak Ahmad telah diAnugerahi Bintang Jasa
oleh Menteri Kebudayaan Bp. Nugroho Noto Susanto {Alm}
sebagai seniman yang berjasa dalam propesinya.
Sementara itu kriteria yang ditetapkannya menjadi pedoman bagi pemusik Kroncong di 27 Propinsi.
Pak Ahmad memang seoarang Pemusik,
Ia menguasai harmonisasi yang diperlukan oleh seorang Haranger,
sekali-kali IA MELIBATKAN DIRINYA mengisi rekaman penyanyi-penyanyi POP seperti g
arapan musik dari lagu Ebiet G.Ade.
Siapa yang menyangka gesekan dari BIOLA dalam lagu "BERITA KEPADA KAWAN"
merupakan sentuhan getaran jiwa melalui BIOLA Pak Ahmad.
Sekarang Pak Ahmad telah meninggal dunia di usianya yang ke 94 tahun,
dengan Enam anak yang telah menikah.
Jiwa seni dalam getaran musik Kroncongnya membuat Ia tetap OPtimis dalam hidup,
dan Seni Musik Kroncong tetap ABADI di Tanah Air.
"TERKUTIP DI JAKARTA 14 DESEMBER 1987"AHMAD SOENARDI
Johannes Sahetapy
Ahmad Soenardi
KRITERIA MUSIK KRONCONG
Oleh AHMAD
Sejarah Musik keroncong.
Sebelum muncul lagu keroncong,
bahkan sebelum alat musik keroncong ( ukulele) muncul di Indonesia,
kata keroncong sebenarnya sudah ada .
ini dapat kami buktikan sebagai berikut:
- Orang Indonesia telah lama mengenal banyak perhiasan wanita yg terdiri dari emas ataupun perak.
diantara perhiasan itu dikenal sbg apa yg disebut gelang keroncong. gelang ini terbuat dari emas
ataupun perak dan terdiri dari beberapa gelang-gelang ( 5-10 buah) tipis yang apabila sipemakai
gelang tsb berjalan ( berlenggang ) maka terjadi sentuhan-sentuhan antara gelang yg satu dengan
yang lain sehingga menimbulkan bunyi yg mirip dengan dengan alat musik yg sekarang disebut
keroncong. Mungkin kemiripannya bunyi itulah maka alat musik yg datangnya kemudian disebut
keroncong.
- kata keroncong juga terdapat dalam Wayang Orang.
Dikatakan bahwa tokoh-tokoh wayang orang baik pria maupun wanita mengenakan perhiasan gelang keroncong.
Disinilah menunjukan bahwa kata keroncong telah lama dikenal oleh Bangsa Indonesia sebelum munculnya alat musik itu ataupun lagu keroncong.
Sedangkan alat musik itu (ukulele)
diperkirakan datangnya dari kepulauan Hawaii kurang lebih pada abad ke 16.
Sehingga musik keroncong sampai kepada lagu yg diiringi dengan alat musik tsb ,
maka lagu itupun dinamakan lagu keroncong.
demikianlah musik keroncong berkembang dari abad ke abad
dan dapat diterima oleh orang Indonesia sebagai musik indonesia.
PENGGOLONGAN MUSIK KERONCONG
pada mulanya instrumen musik keroncong terdiri dari :
1.Gitar. 2. Ukulele (keroncong). 3. banjo. 4.Biiola. 5. seruling. 6. mandolin. 7. Rebana (Jabar) dan kendang atau jidor ( Jateng dan Jatim).
dalam perkembangannya yg terakhir, instrumen (bezetting) musik keroncong adalah sebagai berikut:
1. biola
2. seruling
3. gitar
4. cello
5. bass
6. banjo.
7. ukulele (kroncong ).
Susunsn ini adalah bezetting KERONCONG ASLI
dan bezetting minimum lagu keroncong. maka disadari atau tidak para musisi Indonesia telah membentuk dan menyetujui suatu IRAMA POKOK untuk lagu keroncong ialah yang kami sebut
"BAKU IRAMA KERONCONG".
Kemudian lagu keroncong itu sendiri mempunyai penggolongan dan ciri-ciri sebagai berikut:
I. KERONCONG ASLI - I
ialah lagu yg mempunyai ciri - ciri sebagai berikut:
Irama : mempunyai baku irama keroncong umumnya berirama 4/4.
Susunan Bar : trdiri dari 14 bar yg terbagi dlm dua bagian.
bagian I - angkatan 10 bar.
bagian II - senggakan 4 bar.
kata-kata : umumnya berupa pantun
pembawaan : harus dimainkan 2 x 14 bar. bila dimainkan satu kali saja 14bar.
II. KERONCONG ASLI - II
ialah lagu yg mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
Irama : mempunyai baku irama keroncong umumnya berirama 4/4
susunan bar : terdiri dari 28 bar yg terbagi dalam dua bagian
bagian I _ angkatan terdiri dari 20 bar
bagian II - senggakan terdiri dari 8 bar
kata -kata : dapat berupa pantun, dapat berupa syair.
Pembawaan : apabila brupa pantun ,harus dimainkan 2 x 28 bar. apbila berupa syair , bebas.
III. STAMBUL
untuk stambul ini mempunyai riwayat tersendiri.
kata STAMBUL berasal dari kata ISTAMBUL
ialah suatu rombongan OPERA dari ISAMBUL yg main opera di Indonesia.
kemudian musik opera ini dikawinkan dengan musik keroncong Indonesia yg sudah ada.
maka lahirlah keroncong stambul
Stam,bul ada dua macam dgn ciri-ciri:
Stambul I ciri-ciri :
Irama : mempunyai irama baku keroncong.
susunan bar : 8 bar.
kata-kata : berupa pantun
Pembawaan :dinyanyikan 2 x 8 bar
STAMBUL II ciri-ciri :
Irama : mempunyai irama baku keroncong.
susunan bar : 16 bar
kata-kata : umumnya berupa pantun
Pembawaan : apabila dinyanyikan secara berpantun harus 2 x 16 bar.
IV. LANGGGAM KERONCONG
Irama ; mempunyai irama baku keroncong
Susunan bar : terdrii dari 32 bar
kata-kata : bebas
pembawaan : bebas
Maka dari urutan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa lagu keroncong ( definisi keroncong)
ialah lagu yg mempunyai ciri-ciri :
- irama : mempunyai irama baku keroncong.
- susunan : terdiri dari 14 atau 32 atau 28 atau 8 atau 16 bar
-instrumen : inntrumen muysik keroncong adalah bezetting instrumen minimum lagu keroncong.
http://www.youtube.com/user/Madeintjrongbali
Tidak ada komentar:
Posting Komentar